cara mendaftarkan blog ke feedburner

cara mendaftarkan blog ke feedburner

Assalamualaikum.
Feedbuner - adalah salah satu produk milik google yang melayani manajemen umpan web yang terdiri dari RSS feed untuk blogger dan aplikasi publikasi lain yang berbasis web.Feedburner juga di klaim banyak orang sebagai feed yang lebih baik daripada feed bawaan blog,karena feedburner menyediakan fitur yang lebih baik.
Fitur yang bisa kita dapatkan jika kita mendaftarkan blog ke feedburner antara lain:
  • Mempublikasikan konten dan orang lain lebih mudah untuk melakukan subscribe.
  • Mengoptimalkan pendistribusian feed karena formatnya lebih kompatibel untuk semua jenis perangkat lunak subscriber.
  • Pengguna dapat menganalisis traffic yang berlangganan feed, seperti melihat jumlah subscriber, dari mana mereka berada dan apa yang mereka sukai.
Selain 3 hal diatas,feedburner juga dapat kita manfaatkan untuk keperluan sitemap di webmaster tool,sehingga blog beserta konten yang ada didalamnya akan lebih mudah terindeks oleh mesin pencarian semisal bing,google,yahoo dan beberapa situs pencarian terkenal lainnya yang menyediakan webmaster tool.
Karena feedburner adalah produk milik google,maka anda diwajibkan memiliki akun google (gmail) untuk dapat mengakses feedburner.
Bagi anda yang ingin mendaftarkan blog anda ke feedburner,maka di artikel ini saya akan memberikan sebuah tutorial yaitu mengenai cara untuk mendaftarkan blog yang anda miliki ke feedburner.

Berikut cara mendaftarkan blog anda ke feedburner
1.Pertama-tama,silahkan anda kunjungi feedburner.google.com atau silahkan  klik disini.
2.Apabila anda diminta login,maka silahkan anda login atau masuk menggunakan akun google (gmail) yang anda miliki.
3.Selanjutnya anda akan dibawa menuju ke halaman my feed,anda akan melihat 1 form yang anda harus isi.Silahkan isi dengan alamat URL blog anda,misal: http://inisiteku.blogspot.com jika sudah silahkan anda klik next,contoh seperti gambar dibawah ini.
cara mendaftarkan blog ke feedburner

NB:jika anda mempunyai custom domain sendiri anda bisa memasukkan alamat domain anda.

4.Di halaman berikutnya anda akan diminta untuk memilih tipe feed yang akan digunakan,yaitu atom atau RSS,namun anda jangan bingung karena keduanya memiliki fungsi yang sama.Untuk feed yang saya gunakan saya lebih memilih atom karena terlihat lebih simple.Jika sudah selesai memilih jenis feed,selanjutnya silahkan klik next,seperti contoh gambar dibawah ini.
cara mendaftarkan blog ke feedburner

5.Jika sudah berhasil,dihalaman selanjutnya akan ada pemberitahuan dengan kata Welcome! Let us burn a feed for you.Coba anda perhatikan ada form dibawahnya,di form tersebut anda diminta untuk mengkonfigurasi nama dan alamat feed anda.Silahkan anda masukkan nama judul feed di form title dengan nama blog anda,sedangkan di feed address anda ganti dengan alamat yang anda suka dan masih tersedia,jika sudah silahkan klik next.Contoh seperti gambar dibawah ini.
cara mendaftarkan blog ke feedburner

6.Jika sudah berhasil,di halaman selanjutnya akan ada pemberitahuan lagi bahwa alamat feed anda kini telah aktif,Berikutnya silahkan anda klik next  untuk menuju ke langkah ke-2,seperti contoh gambar dibawah ini.
cara mendaftarkan blog ke feedburner

7.Di halaman langkah kedua,silahkan anda ceck box atau tandai pilihan seperti contoh gambar dibawah ini lalu klik next.
cara mendaftarkan blog ke feedburner

8.Di halaman berikutnya anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa anda telah berhasil mengupdate feed anda,dan alamat feed benar-benar sudah bisa digunakan.

Sampai disini anda telah berhasil mendaftarkan alamat blog anda di feedburner,maka dengan ini saya ucapkan selamat.Anda dapat mengecek feed anda di alamat http://feeds.feedburner.com/(alamat feed yang anda buat).
Bagaimana? cukup mudah bukan?
Mungkin anda juga tertarik untuk membaca cara memasang feedburner di blog.
Terimakasih telah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Assalamualaikum.

2 komentar

Terimakasih telah membantu saya dalam artikel ini..p.9

thanks atas kunjungannya

Berkomentarlah dengan kata-kata yang baik dan dilarang mencantumkan link berbau pornografi,iklan